Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Minggu, 13 November 2016

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Redmi 3, 3S, Pro

"

Cara Mudah Mengaktifkan Jaringan 4G Xiaomi Redmi 3, 3S, Pro - Dari pegngalaman teman yang sudah membeli hp xiaomi redmi 3S, dia mengalami hal yang aneh pada pengaturan jaringan. Di hp android Xiaomi Redmi 3 Pro yang dia beli kemarin tidak ada pengaturan jaringan 4G LTE. Ketika membuka setelan jaringan ternyata hanya ditemukan 2 pilihan di Tipe jaringan prioritas yaitu Prioritas 3G atau 2G saja (hemat baterai). Bukankah Redmi 3 Pro seharusnya sudah 4G? Lalu kemana pengaturan 4G itu menghilang?

Memang hp android Xiaomi Redmi 3 Pro sebenarnya sudah memiliki fitur 4G LTE dari pabriknya. Di luar negeri Redmi 3 Pro sudah bisa digunakan untuk berinternet dengan kecepatan 4G. Namun di Indonesia, karena terbentur oleh aturan pemerintah tentang Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang tidak (belum) terpenuhi, maka fitur 4G dikunci/dimatikan. Akibatnya kita hanya bisa menggunakan jaringan 2G dan 3G di Redmi 3 Pro, khususnya untuk yang bergaransi resmi.
Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Redmi 3, 3S, Pro
Pengaturan 4G di Xiaomi Redmi 3

Kebetulan hp yang saya beli masuk ke Indonesia melalui distributor resmi yaitu PT. Erajaya Swasembada Tbk atau yang biasa dikenal dengan garansi TAM. Maka jelas hp Redmi 3 Pro saya hanya mentok di jaringan 3G. Padahal saya nekat beli hp tersebut karena ketika browsing di internet spesifikasinya sudah 4G. Nasi sudah menjadi bubur, terpaksa saya harus sedikit mengakali supaya Redmi 3 Pro ini bisa menggunakan jaringan 4G.

Ada beberapa cara mengoprek Xiaomi Redmi 3 Pro agar jaringan 4G LTE aktif kembali. Ada cara yang permanen dan ada yang tidak permanen. Permanen dengan cara Fix LTE atau pindah ke ROM China (pilih salah satu) dilakukan hanya 1 kali dan jaringan 4G bisa digunakan selamanya. Sedangkan cara yang tidak permanen hanya dengan menggunakan kode rahasia, tapi 4G akan kembali terkunci jika hp di restart.

Sayangnya agar jaringan 4G aktif permanen dengan cara fix LTE dan pindah ke ROM China di Xiaomi Redmi 3 Pro memerlukan beberapa tahapan yang salah satunya harus menggunakan komputer/PC. Belum mau ambil resiko, saya memilih menggunakan cara yang tidak permanen yaitu menggunakan kode.

Jika ingin mengaktifkan jaringan 4G LTE di hp Xiaomi tanpa PC, Anda bisa mengikuti cara yang saya gunakan yaitu dengan menggunakan kode. Namun saya ingatkan kembali bahwa cara ini tidak memunculkan jaringan 4G secara permanen, jaringan akan kembali mentok di 3G ketika hp dihidupkan ulang, kartu diganti atau pilihan SIM default untuk internet diganti.
Mengaktifkan 4G LTE di Xiaomi menggunakan kode rahasia 
  • Kode rahasia yang digunakan untuk mengaktifkan 4G LTE di Xiaomi Redmi 3 Pro masih sama dengan kode yang yang digunakan untuk mengubah jaringan android dari E ke H atau H+. Ya, menggunakan kode *#*#4636#*#*. Untuk pengguna MIUI 7 bisa langsung ikuti penggunaan kode di artikel tersebut kemudian memilih LTE Only atau lainnya yang ada GSM/WCDMA and LTE. Sedangkan untuk MIUI Global 8 Stabil 8.0.2.0 ada sedikit perbedaan. 
    Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Redmi 3, 3S, Pro
Berikut saya tuliskan cara mengaktifkan 4G LTE di Xiaomi MIUI Global 8 Stabil 8.0.2.0.
  1. dalam kondisi hp menyala lepas slot kartu sedikit saja. Jangan dilepas dari hp, biarkan menempel yang penting kartu sudah tidak terbaca. Kemudian layaknya mengecek pulsa tekan *#*#4636#*#*. Akan muncul informasi telepon. Pilih informasi telepon sesuai slot SIM Card yang digunakan untuk internet. Misal internetan menggunakan SIM 1 maka pilih informasi telepon 1, begitu juga sebaliknya. 
  2. Gulir ke bawah sampai menemukan pilihan Setel jenis jaringan yang disukai. Pilih CDMA Only. Ingat CDMA Only, jangan yang lain. Karena saya pernah memilih yang lain akhirnya mental semua. 
  3. Setelah itu keluar dari menu tersebut. Masuk Setelan, Kartu SIM & jaringan seluler. Pasang slot SIM Card. Sebelum jaringan muncul (masih Tidak ada layanan/No service) buru-buru tekan SIM 1 atau SIM 2 (sesuai yang digunakan untuk internet), Tipe jaringan prioritas kemudian pilih Semua. Tunggu sampai jaringan muncul, jika kartu dan lokasi sudah mendukung 4G maka Xiaomi Redmi 3 Pro Anda akan mendapat jaringan 4G.
Seperti yang saya katakan sebelumnya, cara ini tidak permanen. Setiap kali hp di-restart, kartu dilepas, pilihan kartu internet default diubah, kita harus mengulangi cara di atas dari awal hingga akhir. Cara ini cocok untuk yang tidak begitu suka mengoprek hp androidnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Redmi 3, 3S, Pro

4 komentar:

  1. coba cara ini gan untuk munculin 4g di redmi 3s dan rwedmi 3x http://solusiponsel.com/cara-merubah-xiaomi-redmi-3x-3s-rom-global-4g.html

    BalasHapus
  2. Supaya Permanen Gimana Mas Tapi Gak Perlu Pakai Pc

    BalasHapus
  3. Sementara cara diatas lebih efektif dan tanpa ada resiko yang berbahaya bagi HP Gan...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel