Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Sabtu, 02 Juli 2016

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru

"

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru - Banyak yang bilang bahwa android itu menggunakan Linux jadi tidak bisa terkena virus seperti windows.

Padahal pendapat tersebut salah besar.

Virus tidak hanya menyerang sistem oprasi windows saja seperti di komputer, tetapi Linux juga bisa terserang virus. Meskipun hal tersebut jarang terjadi. Jadi android sobat bisa saja terkena virus jika tidak hati-hati dalam menggunakanya. Untungnya ada cara yang sangat mudah untuk menghilangkan virus di android, bahkan virus bisa hilang tanpa menggunakan aplikasi antivirus.
Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru

Setelah membaca artikel ini, android sobat akan terbebas dari segala jenis virus yang ada pada linux.

Jangan Salah Menganalisa Virus di Android

Pernakah sobat membuka sebuah website dan mendapat peringatan bahwa ponsel android sudah terkena virus?

Saya yakin pernah, karena saya sering juga mengalami hal tersebut. Tapi jangan hawatir, android sobat tidak benar-benar terkena virus karena itu hanyalah promosi sebuah aplikasi  antivirus agar sobat mendownload aplikasi tersebut.

Android tidak akan terkena virus hanya dengan membuka halaman website di internet atau klik iklan yang ada di internet.

Tidak semudah itu. Virus biasanya tersembunyi pada aplikasi yang akan sobat instal. Jadi usahakan untuk memeriksa aplikasi apapun sebelum menginstalnya. Jika sudah terlanjur terserang virus, bagaimana cara menghilangkanya?

Perlukah menginstal antivirus?

Karena kebanyakan virus hanya bermotif finansial. Jika android sobat sering dipakai untuk transaksi keuangan seperti internet banking, belanja online dan lain-lain, maka sebaiknya sobat menginstal antivirus.

Tapi jika android sobat hanya di pakai untuk komunikasi atau senang-senang saja seperti telepone, SMS, browsing atau bermain game, sebaiknya tidak perlu menggunakan antivirus.

Karena antivirus justru akan membebani kinerja RAM di android sobat yang akan menyebabkan kinerja android menjadi menurun. Jika sobat tetap ingin menghapus virus di android menggunakan antivirus, saya ada rekomendasi beberapa antivirus terbaik yang ada di google play.

Ini beberapa antivirus yang bisa sobat manfaatkan:
Menggunakan antivirus adalah cara termudah untuk menghapus virus di android.

Tapi jika sobat tidak ingin menggunakan antivirus, coba cara alternatif untuk menghilangkan virus di bawah ini:
1. Lakukan factori reset android
Ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghilangkan virus di android. Tapi bukan hanya virus yang akan terhapus, semua aplikasi dan data-data di android sobat juga akan terhapus. Untuk itu, semua data atau aplikasi harus di backup dulu sebelum melakukan factory reset.
2. Masuk ke Mode Aman
Semua perangkat android pasti memiliki Mode Aman (Safe Mode). Safe mode akan mempermudah sobat dalam menganalisa virus yang ada pada android sobat, karena semua aplikasi pihak ketiga akan di hilangkan sementara dan hanya aplikasi sistem yang akan terlihat. 

Dalam safe mode, sobat bisa dengan mudah uninstal aplikasi yang mencurigakan atau aplikasi yang tidak pernah sobat instal tapi aplikasi tersebut muncul di android sobat.

Bisa jadi itu adalah virus yang tersembunyi yang bisa merusak sistem di android sobat. Untuk masuk ke mode aman di android sangat mudah, cukup tekan tombol Power.

Lalu tekan dan tahan pilihan "Matikan daya".

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru

Akan muncul peringatan untuk masuk ke mode aman, klik "OK"

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru

Tunggu sampai reboot selesai maka sobat akan di bawa ke mode aman android.

Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru

Sobat tinggal cari aplikasi yang mencurigakan dan uninstal aplikasi tersebut. Setelah semuanya selesai, tinggal restart ulang android sobat. Dengan cara tersebut, semua virus di android sobat akan hilang tak tersisa. Nah, itulah cara menghilangkan virus di android yang bisa sobat gunakan meskipun tanpa anti virus.

Setelah android sobat bersih dari virus, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan agar virus tidak masuk kembali ke android sobat. Ingat "Mencegah lebih baik daripada mengobati".

Dibawah ini ada beberapa tips agar android sobat bisa terhindar dari virus :
  • Jangan download sembarang aplikasi yang ada di luar Google Play, seperti di blackmarket atau yang lainya. Karena Bisa saja terdapat virus pada aplikasi tersebut.
  • Jangan asal menerima file dari bluetooth orang lain, terkadang virus bisa masuk melalui file yang dikirimkan melalui bluetooth.
  • Ini yang paling penting. Jadilah pengguna yang pintar (be a smart user). Sebaiknya sobat install aplikasi dengan bijak, gunakan internet dengan bijak dan selalu instal aplikasi resmi yang ada di google play.
Mungkin itu sedikit tips yang bisa sobat coba agar virus tidak masuk lagi ke android sobat.

Cara menghilangkan virus di android di atas tidak akan ada gunanya jika sobat tetap tidak hati-hati dalam mengoprasikan android yang sobat miliki.

Semoga artikel ini bisa membantu sobat yang kebingungan mencari cara menghapus virus di android.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Virus Di Android Tanpa Antivirus Terbaru

2 komentar:

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel