Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Minggu, 31 Januari 2016

Pengertian Kode Area Seluler Pada Suatu Negara

"

Pengertian Kode Area Pada Seluler Suatu Negara - Selamat pagi sahabat Kacung Gadget, kesempatan kali ini saya membahas tentang artikel yang berjudul Pengertian dan Definisi Kode Area. Beberapa teman kacung gadget pasti sudah familiar tentang kalimat tersebut (kode area) namun saya yakin beberapa hanya memahami sebatas nama saja, jika ditanya tentang apa pengertian kode area pasti pada kebingungan. 

Oleh itu saya akan membagikan artikel ini untuk semua kalangan sebagai informasi tentang dunia seluler di dunia pada umumnya dan anak-anak Indonesia sebagai khususnya. Baiklah langsung saja kita bahas artikel saya kali ini.
Pengertian Kode Area Seluler Pada Suatu Negara

Pengertian Kode Area (Area Code) 

adalah kode yang menunjukan lokasi geographis pelanggan telepon fixed line berada. Kode ini dapat menunjukan wilayah sebuah kota atau gabungan wilayagh beberapa kota. Secara teknis, kode area digunakan untuk keperluan routing sebuah panggilan ke pelanggan telepon fixed line. Selain itu, kode are juga digunakan dalam skema tariff, yang menentukan charge/tariff yang akan dibebankan untuk sebauh panggilan telepon.

Kode area digunakan dalam hal sebagai berikut :
Bila seorang pelanggan telepon fixed line akan menghubungi pelanggan telepon fixed line yang bereada di lokasi kota yang berbeda dan menggunakan kode area yang berbeda dengan kode area pelanggan pemanggil. Jadi dalam hal ini, digit yang akan di-dial oleh pemanggil adalah : 0 (prefix trunk) + kode area + nomor telepon yang dipanggil. Contoh : Pelanggan fixed line di Jakarta akan menghubungi pelanggan fixed line 345678 yang berada di Semarang . Maka yang di-dial adalah 0 + 24 + 345678.
Bila pelanggan seluler atau fixed wireless akan menghubungi pelanggan fixed line yang ada di sembarang tempat, walupun berada di kota yang sama dengan pelanggan pemanggil.

Perlu diperhatikan bahwa, trunk  prefix (digit 0 yang selalu di-dial dalam panggilan SLJJ) tidaklah termasuk dalam digit kode area. Misalnya untuk Medan, kodea areanya adalah 61, BUKAN 061.
 
Definis Kode Area
Area Code : Dalam bahasa Indonesia adalah kode area, awalnya merujuk pada tiga digit kode nomor telepon tetap dari sebuah wilayah di Amerika Serikat dan Kanada. Dari awal berdiri layanan telepon hingga Januari 1995, kode area selalu diawali digit angka 2 hingga 9, sedangkan digit kedua antara angka 1/0. Namun perubahan terjadi sejak Februari 1995, dimana digit kedua jadi bebas, sehingga variasi kode area lebih luas mencapai 6 juta nomor. Di Indonesia, kode area juga merujuk pada layanan telepon tetap misalnya 022 wilayah Bandung dan 0263 wilayah Cianjur, serta merujuk telepon seluler semacam 08122 wilayah Bandung Raya. Pentingnya kode area terkait dengan tarif yang akan dibayar pelanggan serta pelacakan posisi sebuah nomor dalam suatu wilayah tertentu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kode Area Seluler Pada Suatu Negara

1 komentar:

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel