Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Minggu, 24 Januari 2016

Pengertian dan Perbedaan Sinyal G E 2G 3G H H+ dan 4G

"

Penjelasan Sinyak 4G, 3G, 2G, G - Jika kita salah satu pengguna smartphone, laptop atau produk teknologi lainnya, pasti kita sering berhubungan dengan jaringan atau sinyal. Ada cukup banyak sinyal yang bisa kita gunakan untuk membantu keperluan pekerjaan atau lainnya. Beberapa sinyal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setidaknya ada beberapa sinyal yang sangat familiar di masyarakat diantaranya adalah GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, EVDO dan 4G. Beberapa jenis sinyal tersebut berkembang ketika muncul jaringan seluler pada tahun 90-an. Dengan menggunakan teknologi jaringan seluler dalam bentuk digital, maka komunikasi menjadi semakin mudah.

Pengertian dan Perbedaan Sinyal G E 2G 3G H H+ dan 4G
Suara yang dihasilkan oleh teknologi jaringan digital yaitu 1G menghasilkan suara yang jernih. Setelah teknologi tersebut kemudian mucul jaringan GPS di Eropa dan di Amerika muncul jaringan CDMA. Baik GSM dan CDMA keduanya mengawali generasi kedua jaringan 2G yang menggunakan teknologi nirkabel. GSM atau Global System for Mobile merupakan teknologi untuk berkomunikasi menggunakan seluler yang sifatnya digital. Teknologi ini lebih banyak diteraokan pada komunikasi yang aktif atau bergerak. Setelah teknologi ini kemudian muncul teknologi-teknologi lainnya yang sangat membantu dalam kehidupan manusia diantaranya jenis-jenis sinyal yang hingga saat ini kita manfaatkan.
Penjalasan signal bar pada ponsel GSM sebagai berikut :

1. Simbol G  adalah simbol yang digunakan pada sinyal GPRS (General Packet Radio Service). Diantara teknologi data seluler lain, GPRS ini memiliki teknologi kecepatan paling rendah, hanya sekitar 60-80 kbps (kilobit per second) saja biasanya disebut sinyal 2G generasi pertama.

2. Simbol E adalah simbol yang di gunakan pada sinyal EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution). sinyal EDGE Ini termasuk teknologi pengembangan dari GPRS dengan kecepatan yang tentu saja lebih tinggi, yaitu sekitar tiga kali lipat dari GPRS. biasanya disebut sinyal 2,5 G atau generasi kedua.

3. Simbol 3G adalah simbol signal bar di layar bagian atas biasanya ada kode signal bar 3G, sinyal 3G merupakan singkatan dari 3rd (third) generation atau generasi ketiga, teknologi yang digunakan menggunakan kecepatannya bisa jauh lebih cepat akses data yang dapat mencapai 2 Mbps (megabit per second)

4. Simbol H adalah signal bar yang menggunakan simbol H, sinyal H menandakan bahwa kecepatan yang paling tinggi dan di beri kode HSPA (High Speed Packet Access) ini memiliki kecepatan unduh yang lebih tinggi, bisa mencapai 14 Mbps bahkan lebih, tergantung penyedia jasa layanan yang digunakan.

5. Simbol H+/LTE adalah signal bar pada layar bagian atas seperti H+ biasanya di sebut dengan sinyal LTE / 4G. Jika ponsel anda sudah mendukung H+, kamu bisa mengunduh dengan kecepatan HSPA, LTE mencapai 150/50 Mbps. pada tahun 2014 banyak ponsel yang menggunakan mode jaringan H+ tentu saja sangat cepat akses data nya, tetapi tergantung dari provider masing-masing apakah pemancar sinyal nya sudah menggunakan jaringan LTE

Untuk perbedaan sudah sangat jelas dari speed dan kualitas data yang dikirim dan diterima (suara, gambar dll)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Perbedaan Sinyal G E 2G 3G H H+ dan 4G

2 komentar:

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel