Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Rabu, 23 Desember 2015

Cara Backup dan Restore Imei Android Terbaru dan Tanpa PC

"

Bagaimana Cara Aman Restore dan Backup IMEI HP Android - Kebanyakan orang tentu sudah tahu, bahwa IMEI adalah sebuah kode yang cukup penting pada smartphone. Untuk Android, hilangnya IMEI bisa menimbulkan akibat yang cukup fatal, yaitu hilangnya sinyal karena system tidak mampu membaca jaringan. Hilangnya IMEI pada Android, sebenarnya sudah menjadi hal yang umum dan bisa terjadi karena beberapa sebab. Mulai dari kesalahan karena otak-atik system, atau bisa juga hilang karena melakukan flashing ulang android.

Tentunya bagi para user pemula, ini bisa menjadi masalah yang cukup merepotkan. Bisa jadi mereka mengira bahwa terjadi kerusakan pada hardware sehingga mau tak mau harus membawanya ke tukang service. Kalau tukang servicenya jujur, mungkin tidak akan menarik biaya terlalu banyak karena mereka tentu sudah tahu bahwa tidak terjadi masalah pada hardware dan hanya membutuhkan cara mengembalikan IMEI Android dengan bantuan tools sederhana. Namun jika tukang service tersebut berniat mencari untung, tentu mereka akan berkata ini itu dan harus mengganti ini dan itu.

Cara Backup dan Restore Imei Android Terbaru dan Tanpa PC
Restore dan Backup Imei Android
Ohya sedikit tambahan, ada beberapa HP Android yang wajib di root untuk dapat merestore dan backup IMEI Android, silahkan baca "Cara Root Semua Jenis HP Android".

Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tutorial cara backup dan restore IMEI Android yang hilang dengan cara yang cukup mudah. Bahkan cara ini bisa kalian lakukan sendiri via smartphone kalian dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama Mobile Uncle. Bagi kalian yang suka moding, aplikasi ini bisa menjadi apikasi wajib yang harus kalian miliki. Karena kalian bisa mengembalikan IMEI yang hilang di Android dengan mudah tanpa membutuhkan bantuan PC. Bagi kalian yang ingin mencoba, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara backup dan restore IMEI via Android
  1. Pertama-tama, kalian harus memiliki aplikasi Mobile uncle, bisa kalian download di Play store. Setelah kalian download, install aplikasi tersebut lalu silahkan buka untuk menjalankanya.
  2. Pada menu utama, kalian akan melihat beberapa menu yang bisa kalian pilih. Karena kalian akan melakukan backup IMEI, tekan saja menu “IMEI Backup Restore(MTK)”.
  3. Kalian akan disuguhi beberapa pilihan. Jika kalian ingin menyimpan IMEI ke memori eksternal, tekan saja pilihan “Backup IMEI to SD Card(MTK)”, dan jika ingin menyimpanya di memori internal, silahkan pilih “Backup IMEI to SD Card2(MTK)”.
  4. Setelah itu, akan muncul jendela konfirmasi. Tekan saja “OKE”, dan tunggu proses backup berjalan hingga selesai.
Nah, sekarang kalian sudah memiliki backup IMEI yang dapat kalian kembalikan kapan saja jika kalian mengalami IMEI hilang karena melakukan flashing. Tapi ingat..!! Langkah ini hanya bisa dilakukan jika IMEI kalian masih ada. Jika IMEI kalian sudah hilang sebelumnya, maka cara ini tidak bekerja. Lalu, bagaimana cara mengembalikan IMEI Android yang sudah kalian backup? Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara restore IMEI :
  1. Buka aplikasi Mobile Uncle, lalu masuk pada menu “IMEI Backup Restore(MTK)”.
  2. Karena kalian akan melakukan restore, maka silahkan pilih menu”Restore IMEI from SD Card” jika kalian menyimpan IMEI di memori eksternal. Dan gunakan pilihan “Restore IMEI from SD Card2(MTK)” jika kalian menyimpanya di memori internal.
  3. Ketika muncul jendela konfirmasi, silahkan pilih “OKE”, dan silahkan tunggu proses restore berjalan hingga selesai.
  4. Setelah proses restore selesai, nanti akan muncul lagi jendela konfirmasi bahwa aplikasi meminta izin untuk melakukan reboot. Silahkan pilih “OKE” untuk reboot Android kalian. Dan selesai.
Cara ini terbukti mampu mengembalikan IMEI yang hilang dan berjalan cukup baik pada banyak device Android. Namun cara ini hanya berlaku jika kalian sudah melakukan backup IMEI sebelum IMEI kalian hilang. Namun jika IMEI kalian sudah terlanjur hilang dan tidak memiliki backup IMEI sebelumnya, maka kalian bisa mencoba cara mengembalikan IMEI yang hilang menggunakan MTK Droid tools via PC. Mungkin hanya ini saja yang mampu saya share kali ini. Semoga artikel tentang Cara Backup dan Restore IMEI via Android ini bisa bermanfa’at dan membantu kalian dalam mengatasi masalah pada Android kalian.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Backup dan Restore Imei Android Terbaru dan Tanpa PC

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel