Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Minggu, 14 Desember 2014

Tips Aman Jual-Beli Online

"

Kacung Gadget - Dalam jual-beli secara online memang sangat memudahkan kita, disamping kita merasa nyaman karena tidak perlu datangi toko-toko, kita sudah dapat meriview barang-barang yang akan kita beli secara praktis dalam 1 tempat saja. Namun dari banyak kelebihannya, kita juga harus paham betul tentang kelemahan jual beli secara online ini. Berikut tips dalam melakukan jual beli online.

Tips Aman Jual-Beli Online
Cari Tahu Latar Belakang Penjual

latar belakang ataupun track record dari penjual online bisa diketahui dari testimoni pembeli sebelumnya. Bisa juga dengan melihat seberapa besar rekomendasi, testimoni, keluhan, terhadap penjual online yang ingin Anda ajak transaksi. Gunakan mesin pencarian Google untuk mencari Tahu Latar Belakang Penjual, mulai dari nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening sang penjual. Jika sebelumnya ada pembeli yang tertipu, biasanya akan meng-share informasi latar belakang penjual ini.

Informasi Penjual Yang Jelas

Setiap penjual online yang murni biasanya akan selalu memaparkan informasi detail tentang identitas penjual di toko online ataupun jejaring sosial yang digunakannya. Karena penjual online sejati pasti sangat memperhatikan personal branding dirinya untuk memperkuat kepercayaan publik.

Simpan Informasi Penjual

Disarankan juga untuk mengambil screenshot dari semua informasi sang penjual termasuk barang yang dijual. Selain itu, Anda juga perlu menyimpan nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening dari sang penjual untuk menghindari penipuan.

Antisipasi Dengan CoD atau Rekening Bersama

Seperti diketahui, Layanan Rekening Bersama sudah disepakati atau digunakan banyak orang, maka Anda dapat meminimalisir penipuan karena sang pemegang rekening pastinya sudah mengantongi alamat dan informasi si penjual. Bisa juga dengan CoD karena pembayaranbaru dilakukan setelah barang yang dibeli tiba di tempat Anda.

Harga Yang Jauh Dibawah Standar

Penjual Online terkadang akan menjual barangnya dengan harga lebih murah. Namun jika terlalu murah dan jauh dibawah standar harga umumnya, Anda patut mewaspadainya karena boleh jadi barang tersebut kualitasnya sangat buruk dan foto barang itu terkadang tidak sesuai dengan aslinya.

Mengantisipasi Gelagat Penjual

Adakalanya modus dari penjual abal-abal atau para penipu selalu menggunakan cara agar sang pembeli dapat mentransfer uang yang disepakati untuk pembelian suatu barang dengan segera dan cepat. Anda harus waspada karena ada kalanya setelah uang ditransfer, si penipu akan langsung menghilang begitu saja.

Demikian tips dalam menghindari beberapa kelemahan jual beli secara online. Semoga bermanfaat dan membuat anda lebih berpengalaman dalam menggunakan internet dengan bijak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Aman Jual-Beli Online

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel