Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Sabtu, 27 Desember 2014

Cara Meningkatkan Kinerja HP/Gadget

"

Cara Meningkatkan Kinerja HP/Gadget - Hp android kini semakin digemari kalangan pengguna gadget portabel. Bagi yang belum mengetahui, OS android adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google yang merupakan mesin pencari terpopuler saat ini.

OS android sendiri memiliki banyak kelebihan dibanding dengan sistem operasi lain, hal ini dikarenakan OS android memiliki fitur dan widget yang fleksibel yang dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan kita, ditambah lagi dukungan Google Play sebagai pusat aplikasi dimana kita dapat mendownload aplikasi yang serbaguna.

Namun bukan tanpa kekurangan, sebuah hp android yang memiliki terlalu banyak aplikasi atau widget, secara tidak langsung akan menurunkan kinerja hp android kita. Widget atau aplikasi ini seringkali membuat hp android kita “lemot”, contohnya seperti loading yang lama ketika membuka sebuah aplikasi atau pengetikan pesan yang menjadi sedikit tersendat. Apakah hal ini terjadi pada hp android kamu? Bila iya artinya hp android Anda memerlukan beberapa tips dibawah ini.

1. Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background
Yang dimaksud dengan aplikasi yang berjalan di background adalah ketika Anda selesai memakai suatu aplikasi, aplikasi tersebut tidak sepenuhnya berhenti berjalan. Hal ini umum terjadi dan menyebabkan kinerja hp android kamu lebih lambat. Cara melihat dan menutup aplikasi yang berjalan di background adalah dengan menekan tombol back atau cara yang lebih meyakinkan adalah menginstall Task Killer yang dapat Anda download, Task Killer ini sebagai media yang berguna untuk mematikan sebuah aplikasi yang sedang berjalan namun tidak terlihat.

2. Nonaktifkan Autoupdate
Update adalah hal yang penting untuk tiap aplikasi Anda, namun bila aplikasi Anda terlalu banyak maka hp android kita akan terlalu sering melakukan update. Update ini bisa terjadi setiap dan saat kapan saja tanpa kita tahu, seringkali hal ini membuat kinerja hp android kita melambat. Untuk itu matikanlah fitur Auto update pada setting hp android Anda, seperti terlihat gambar dibawah ini.

3. Alokasi Memory
Jangan sampai terlewat bahwa file besar seperti foto, video atau musik harus di alokasikan pada memori external dalam hp android adalah kartu memori. Alokasi ini tidak hanya berlaku untuk file media namun juga pada aplikasi-aplikasi besar seperti game atau aplikasi edit foto. Karena kinerja hp android akan melambat bila memori internal hampir penuh.

4. Hapus Yang Tidak Perlu
Jangan menumpuk aplikasi atau file media terlalu banyak pada hp android Anda karena tentunya memori yang penuh akan membuat kinerja hp Android kamu menjadi berat. Maka bila Anda orang senang akan berfoto rutinlah pindahkan foto Anda setiap bulan, Anda bisa memindahkannya ke komputer atau laptop Anda dirumah. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi, bila rasanya sebuah aplikasi atau widget tidak lagi sering digunakan lebih baik dihapus, toh sewaktu-waktu bila Anda perlu, aplikasi tersebut bisa Anda download kembali.

5. Autobrightness & Autorotate
Keindahan dan kecanggihan user interface hp android akan terlihat ketika kita memutar posisi hp android maka layar akan ikut menjadi terputar namun hal ini dapat menjadikan hp android kita sedikit lemot, maka lebih baik dimatikan saja bila Anda memerlukannya cukup hidupkan kembali. Fitur Autobrightness akan membantu Anda menghemat baterai hp android, karena layar akan menyesuaikan kecerahan warna layar ponsel. Namun untuk hp android dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi lebih baik fitur ini dimatikan, karena hp android akan memerlukan proses untuk menyesuaikan kecerahan cahaya sekitar dengan kecerahan layar hp. Hal ini membuat kinerja android sedikit melambat.

6. Root & Overclock CPU Hp Android (tidak disarankan)
CPU adalah hal paling penting bila ingin meningkatkan kecepatan Android Anda.  Kita tidak dapat mengganti CPU lama dengan CPU yang baru layaknya sebuah komputer atau laptop. Satu-satunya trik adalah dengan men-overclock CPU dari hp Android Anda. Namun resikonya bila anda men-root dan overclok, produsen hp Anda akan menghanguskan garansi hp android Anda.

7. Lakukan Update perngkat lunak Android
Karena kinerja aplikasi yang telah di update juga akan mempengaruhi kinerja hp/gadget anda. Seperti halnya PC, setiap aplikasi baru pasti lebih ringan dibanding yang lama. Karena kinerja Android tidak jauh dari jaringan internet yang selalu butuh update tentang aplikasi yang baru.

Demikan cara kacung gadget untuk meningkatkan kinerja hp/gadget anda. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Meningkatkan Kinerja HP/Gadget

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel