Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Jumat, 12 Desember 2014

Cara Menghemat Baterai HP Android

"

Hemat Baterai - Meski memiliki sejumlah keunggulan dibanding platform lain, smartphone android juga tak lepas dari kelemahan. Salah satu kelemahan Android adalah borosnya daya tahan baterai. Ini sering dikeluhkan oleh para pengguna Hp android. Satu kali pengisian biasanya mampu bertahan selama 12 sampai 14 jam untuk penggunaan normal. Semakin tinggi spesifikasi smartphone, tentu akan menyedot daya baterai yang semkin tinggi juga. Beberapa hal yang membuat baterai android boros diantaranya ukuran layar yang besar, tingkat kecerahan layar, wifi, GPS dan aplikasi-aplikasi yang selalu terhubung dengan internet.

Cara Menghemat Baterai HP Android
Sumber google
10 Cara Menghemat Baterai HP Android

1. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth
Jaringan nirkabel ini jika aktif akan membutuhkan sangat banyak daya, matikan jika layanan data seluler tersedia.

2. Setting Layar dengan kecerahan rendah
Tidak perlu menggunakan brightness yang tinggi disaat Anda masih bisa membaca atau melihat layar dengan pencahayaan yang baik, dengan mengatur pencahayaan lebih rendah tentu baterai lebih hemat.

3. Non aktifkan Getar dan Nada tombol (Dial Tone/keynotes) 
HP dengan menggunakan daya getar akan cepat menguras daya baterai, begitu juga nada tombol akan menguras daya baterai.

4. Non Aktifkan Flash Kamera
Jika kamera Android smartphone Ada memiliki cahaya flash, dan disaat Anda butuh daya untuk menelpon dan kegiatan lainnya di HP matikan atau non aktifkan flash kamera disaat menjepret, agar bisa menghemat.

5. Menutup Aplikasi baik di depan layar maupun dibelakang layar
Menutup aplikasi yang terlalu banyak terbuka akan menghabiskan daya baterai, jika Anda ingat tips menghemat baterai ini maka tutup aplikasi, salah satuny aplikasi yang berjalan dibelakang layar dengan cara menekan tombol "Home" lebih lama kemudian pilih Delete.

6. Letakkan HP Android di tempat yang sejuk 
Jangan meletakkan HP Android Anda di tempat yang mengandung panas atau memberikan daya panas, seperti didekat komputer, diatas CPU komputer, didekat TV, didekat Rice Cooker, ssebaiknya hindari, semakin panas temperatur HP Anda maka semakin cepat baterai habis.

7. Jangan Biarkan HP Mati disaat habis baterai
Sebelum baterai habis dan HP mati sebaiknya carger HP Anda, karena cara ini mampu memperpanjang kondisi baterai Anda.

8. Matikan GPS
Hampir disetiap HP Android tersedia GPS, sebaiknya matikan saja jika tidak digunakan untuk GPS tracking misalnya.

9. Matikan Pembaritahuan dan sinkronisasi
Notifikasi dan sinkronisasi akan mengkonsumsi baterai lebih banyak jika notifikasi terus menerus ada. 

10. Matikan layanan data
Cara ini bisa juga dilakukan jika anda sedang menunggu telpon penting dari seseorang namun baterai Anda sangat menipis, lalu matikan layanan data, maka baterai Anda akan hemat sampai telpon Anda terima. Selama layanan data mati aktifitas melalui internet terhenti sejenak.

Demikia sedikit tips dari Kacung Gadget, semoga dapat membantu anda dalam menghemat baterai, ohya jangan pernah anda menggunakan aplikasi penghemat baterai, karena sama saja akan memakan kerja dari RAM Android anda. Memang ada keuntungan juga menggunakan aplikasi penghemat baterai, karena akan otomatis mematikan aplikasi yang tidak terpakai, silahkan baca selengkapnya Aplikasi Penghemat Baterai Android.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghemat Baterai HP Android

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel