Spesifikasi, Harga terbaru, Tips dan Trick

Jumat, 26 Desember 2014

Cara Membuat Blackberry Tidak Lemot

"

Cara Membuat Blackberry Tidak Lemot
Cara Membuat Blackberry Tidak Lemot - Kali ini saya akan share untuk kacung gadget tentang bagaimana cara mengatasi Blackberry yang lemot. Seperti yang kita ketahui BlackBerry saat ini tak lagi cuma digunakan para profesional. Mulai dari pebisnis sampai anak sekolah sudah cukup akrab dengan handset besutan Research In Motion (RIM) itu. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa perangkat BlackBerry telah menjadi sebuah smartphone andalan bagi sebagian pengguna gadget. 

Keberadaan fitur BlackBerry Messenger (BBM) dianggap sebagai salah satu faktor utama yang membuat para pemilik smartphone BlackBerry enggan berjauhan dengan perangkatnya. Namun terkadang, kita mungkin menyadari bahwa smartphone tidak mampu beroperasi dengan semestinya. Bahkan terkadang, BlackBerry mengalami proses booting yang lambat atau bahkan sering mengalami hang saat akan digunakan. Akibatnya, aktivitas kalian akan terhambat dan bisa mengacaukan kegiatan-kegiatan yang sudah terencana dengan baik.

Salah satu faktor penyebab BlackBerry lemot, adalah terlalu banyaknya  file sampah (cache) yang masih tersimpan di memori BlackBerry. File sampah tersebut terjadi karena beberapa hal sebagai berikut;

  1. Messenger atau Conversation yang tidak ditutup (BBM, Yahoo Messenger, Google Talk, dll.)
  2. Memori log event dan memori history browser yang jarang dihapus.
  3. Aplikasi yang berat atau aplikasi-aplikasi yang sering dibuka secara bersamaan.
Untuk mengatasi BlackBerry yang lemot dan sering hang adalah dengan membersihkan file-file sampah tersebut. Sayangnya, terkadang pengguna tidak memahami bahwa BlackBerry juga mempunyai keterbatasan dalam hal memori. Jejaring sosial, email, BBM Group dan BBM yang online secara non-stop mampu membuat BlackBerry ini menjadi lemot. 

Hal ini ditandai dengan seringnya muncul 'tanda jam' atau 'jam pasir' ketika kita sedang menggunakan aplikasi di BlackBerry. Lantas bagaimana caranya kita bisa mengatasi BlackBerry yang sedang lemot? Berikut tips atau cara mengatasinya:

1. Biasakan Pembersihan Cache 
Masuk ke “Browser”, tekan logo BlackBerry, pilih “Options”, pilih “Cache Operations”, lalu tekan semua tombol clear yang ada.

2. Event Log Pembersihan Homescreen
Tekan dan tahan tombol ALT, tekan huruf L-G-L-G (secara berurutan), diikuti dengan menekan Logo BlackBerry. Lalu pilih “Clear Log” yang ditutup dengan memilih opsi “Delete”.

3. Biasakan Pembersihan Memory Cleaner Options
Cari menu “Security Options”, yang dilanjutkan dengan opsi “Memory Cleaning”. Bila Kita melihat tulisan “Statu Disabled”, ubah menjadi “Enabled”. Perhatikan 4 baris dibawah menu “Memory Cleaning”, terdapat tulisan ’show icon on home screen’. Tekan dan ubah ‘NO’ menjadi ‘YES’. Tekan tombol “Return” (panah memutar), lalu save changes. Kembali ke “Homescreen” dan pilihlah ikon baru “Memory Cleaner” (mirip gambar printer).

4. Soft Reset
Tekan bersamaan tombol Alt – Caps atau tombol aA (sebelah kanan dekat tombol sym) – tombol del. Ini akan menyebabkan perangkat BlackBerry ter-restart atau reboot.

5. Hard Reset
Biasa dikenal pula dengan istilah cabut baterai. Kita bisa melakukan metode ini secara berkala setiap 2 atau 3 kali seminggu. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi energi/daya listrik yang tertinggal. Biarkan selama minimal 3 menit kemudian pasang kembali baterai.

Dan kalau untuk berjaga-jaga agar tidak lemot bisa menggunakan cara ini:

1. Install aplikasi yang penting 
Kebanyakan aplikasi atau theme akan cukup menguras kemampuan dari memori. Cek kembali aplikasi-aplikasi apa saja yang kita biasa gunakan dan delete aplikasi atau theme yang menurut kita sudah jarang dipakai.

2. Batasi group BBM
Group BBM adalah penyumbang terbesar 'sampah' yang membuat BlackBerry kita menjadi lemot. Carilah group BBM yang benar-benar berguna, teman-teman kita yang lain toh masih bisa dihubungi melalui BBM pribadi, email, Twitter atau lainnya.

3. Tutup chat di BBM yang sudah selesai 
Jika Anda merasa bahwa percakapan dengan seseorang itu penting, Anda dapat menyimpan percakapan tersebut di media card dengan melakukan setting di BBM - Options - Cari Save Chat History lalu pilih media card. Namun jangan sampai, aktivitas percakapan yang sudah selesai jauh-jauh hari tetap Anda biarkan. Bijaklah menggunakan BBM, dimana salah satu caranya menutup aktivitas chat setiap obrolan selesai.

4. Hapus email yang tidak diperlukan.
Ini juga menjadi salah satu penyumbang lemot, terutama email yang memiliki attachment cukup besar. Saat anda melakukan delete biasanya akan muncul pilihan On Mailbox & Handheld (email di BlackBerry dan di Mailbox Server akan dihapus) atau On Handheld (hanya email di BlackBerry saja yang dihapus). Kalau email yang akan anda hapus itu dirasa masih cukup penting, cukup pilih On Handheld saja. Email aslinya masih akan tersimpan di Mailbox (Yahoo, Google, atau klien email Anda lainnya).

Demikian tips kacung gadget tentang bagaimana mengatasi Blackberry yang lemot. Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menjalankan Blackberry untuk bisnis, gaya hidup atau untuk bersosialisasi di dunia maya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membuat Blackberry Tidak Lemot

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, bertanya dan berbagi informasi yang relevan dengan judul artikel